Friday, July 2, 2021

Cara Mengubah Data Excel dari Dollar ke Rupiah (Rp)

Excel mempermudah kita untuk pengolahan data terutama dengan format cell menjadi teks, nomor, mata uang, tanggal dan lainnya. Dengan mengatur format cell kita akan sangat terbantu, ambil contoh ketika kita ingin mengetikan data nama barang dan harga satuannya, akan lebih mudah bagi kita melihat harga satuan jika tampilannya ada rupiah.


Terkadang merubah format ke mata uang tidak selalu merubahnya ke mata uang rupiah, terkadang lebih sering ditemui format akan berubah ke mata uang Dollar ($) padahal yang kita perlukan adalah format mata uang Rupiah (Rp).

Bagaimana cara merubah format excel dari Dollar ke Rupiah?

Pertama kita persiapkan dulu data yang akan digunakan, saya akan menggunakan data sederhana di bawah ini.

Data yang akan digunakan

Pada gambar di atas bisa kita lihat ada kolom harga satuan yang tidak memiliki format general. Format kolom itu akan kita ubah menjadi mata uang supaya tidak hanya angka yang tampil tapi mata uang.


Untuk mengubahnya kita dapat mengikuti tutorial dibawah ini.

Cara mengubah data excel ke mata uang

Untuk mengubah data excel ke mata uang kita bisa mengklik terlebih dahulu cell yang akan kita ubah kemudian ke grup ribbon number lalu pilih general ganti ke currency. Setelah itu kolom yang tadinya hanya berisi angka akan bertambah format Dollar di depan angka.


Sampai sini kita sudah berhasil mengubah menjadi format mata uang. Yang jadi masalah adalah kita ingin mengubahnya ke mata uang Rupiah. Kita bisa mengubah dengan memilih format mata uang yang kita inginkan.

Berikut cara mengubah mata uang Dollar di excel ke mata uang Rupiah.

Excel cara mengubah mata uang dollar ke rupiah

Selesai sudah tutorial mengubah mata uang Dollar ke Rupiah di excel.