Sunday, December 24, 2017

Excel Cara Agar Teks Memanjang Ke Bawah

Tutorial ini akan menggunakan data yang sama dengan tutorial sebelumnya Cara Mengubah Angka Di Excel Menjadi Mata Uang dan tutorial saya Cara Membuat Pecahan Desimal di Excel. Data yang saya gunakan dapat di unduh disini.

Anda juga bisa membuat data sendiri, data yang saya buat menggunakan tampilan tabel (Baca: Membuat Tampilan Tabel Di Excel) jika ada kesalahan dalam pembuatan excel kita bisa menghapusnya (Baca: Cara Menghapus Border Di Excel), tampilan tabel yang saya buat sebenarnya adalah border yang fungsinya untuk menambahkan pembatas ke setiap sisi cell sehingga terlihat pembatas antara cell

Untuk pengertian cell, kolom (coloumn), dan baris (row) bisa dibaca di postingan saya Pengenalan Microsoft Excel, dipostingan tersebut sudah saya jelaskan perbedaanya dan pengenalan hal dasar tentang excel.

Untuk kolom Harga Satuan saya menambahkan penulisan mata uang Rp atau Rupiah ke kolom Harga Satuan (Baca: Cara Mengubah Angka Di Excel Menjadi Mata Uang). Pada tutorial ini saya menambahkan kolom Jumlah Beli, terlihat bahwa kolom baru Jumlah Beli melewati cell-nya sendiri, kolom Jumlah Beli diketik di cell F6 karena terlalu panjang akhirnya juga memasuki cell G6, padahal di cell G6 ada kolom Jumlah Harga. Saya ingin agar cell F6 tidak melewati cell-nya sendiri tapi tidak menambahkan luasnya kolomnya.

Untuk lebih jelasnya data yang saya buat sebagai contoh tutorial ini bisa anda lihat pada gambar berikut ini.

Contoh Data Yang Melewati Cells (https://ozaz-7.blogspot.co.id)
Contoh Data Yang Melewati Cells (https://ozaz-7.blogspot.co.id)
  
Cara untuk melakukannya yaitu membuat teks G6 terlihat tapi hanya menggunakan cell G6 tanpa menggabungkan cell (Baca: Cara Menggabungkan Cell Excel). Cara melakukannya adalah dengan me-Warp cell agar teksnya memanjang kebawah bukan kesamping.

Cara agar teks tidak lebih luas dari batas cell-nya sendiri, pertama anda pilih cell yang ingin diubah, kemudian pergi ke tab home, di group Alignment ada pilihan Wrap Text langsung klik sekali, jika yang tampil hanya sebagian dari teks anda hanya perlu memanjangkan cell F5 dengan mengklik 2x garis bawah pada baris (row) ke 5 (lima). Dan hasilnya bisa dilihat cell F5 tidak lagi mengambil tempat G5.

 
Cara Memanjangkan Teks di Excel (https://ozaz-7.blogspot.co.id)
Cara Memanjangkan Teks di Excel (https://ozaz-7.blogspot.co.id)

Pada contoh diatas saya sudah melakukan perataan horizontal tengah dan vertikal tengah (Baca: Cara Meratakan Penulisan di Excel), dengan perataan tadi teks di excel menjadi lebih rapi dan mudah dibaca.

Tutorial ini dapat digunakan untuk melakukan pengaturan tampilan di excel agar tampilan lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan. Sekian tutorial dari saya, semoga bisa bermanfaat.