Saturday, July 10, 2021

Tutorial Cara Menambahkan Halaman (Lembar Kerja) di Excel

Pada postingan sebelumnya kita sudah tahu bagaimana cara mengubah nilai dollar ke rupiah, cara tersebut dilakukan ketika kita butuh nilai mata uang rupiah karena terkadang bawaan excel nilai mata uangnya adalah dollar.

Pada tutorial kali ini kita akan menambahkan worksheet. Perlu diketahui worksheet adalah lembar kerja, lembar kerja yang dimaksud adalah yang lembaran yang bisa kita lihat ketika kita bekerja.

Contoh worksheet ada pada gambar di bawah.


Worksheet1 di Excel

Gambar di atas adalah worksheet atau lembar kerja. Bisa ambil kesimpulan sederhana kalau worksheet adalah lembar kerja yang ada pada satu file excel yang sama. File excel sendiri bisa memiliki beberapa worksheet.

Umumnya semakin banyak worksheet semakin banyak data maka akan semakin berat penggunaan memori komputer. Worksheet sendiri sebenarnya bisa kita buat sebanyak yang kita mau, yang membatasi adalah memori yang bisa menampungnya. Semakin banyak memori komputer semakin banyak juga worksheet yang bisa dibuat.


Cara Menambah Worksheet di Excel

Untuk menambah worksheet di excel kita cukup arahkan penunjuk mouse ke icon + disamping Sheet1 kemudian Sheet2 akan muncul. Sheet1 dan Sheet2 tidak memiliki data yang sama karena apa yang kita isi data di Sheet1 tidak harus sama dengan Sheet2.

Untuk mempermudah kita mengelola worksheet kita bisa mengubah namanya supaya mudah dikenali. Misalnya Sheet1 kita ubah menjadi rekap tahun 2020, sheet2 menjadi rekap tahun 2021. Penamaan sheet bebas yang penting memudahkan kita mengenali data apa yang ada di sheet tersebut.

Berikut cara mengubah nama sheet.
Mengubah Nama Worksheet di Excel

Untuk mengubah nama worksheet kita cukup arahkan panas mouse ke sheet1 kemudian klik kanan pada mouse lalu pilih Rename terakhir kita ketik nama worksheet yang mudah dikenali. Misalkan Data1 atau Data2, saya akan mudah mengenali worksheet tersebut karena saya tahu Data1 isinya apa dan Data2 isinya apa. 

Untuk lebih mudah kita dapat mengubah nama worksheet lebih spesifik, misalnya Rekap2020 dan satunya Rekap2021. Dengan menambahkan tahun memudahkan kita mengenali isi worksheet. 

Pada penggunaan tingkat lanjut worksheet yang banyak adalah hal biasa tapi untuk pekerjaan ringan seperti perhitungan sederhana yang tidak memerlukan banyak data tidak diperlukan membuat banyak sheet.