Monday, December 18, 2017

Android 8.0 Oreo

Logo Android 8 Oreo diambil dari sumber www.android.com
Logo Android Oreo (www.android.com)

Siapa yang tidak kenal android smartphone yang sistem operasi berbentuk robot ijo ini telah digunaan jutaan orang di dunia. Memiliki segudang aplikasi dan game gratis yang dapat di unduh android menjadi favorite banyak orang.

Android sangat populer karena banyaknya produsen smarpthone yang mengeluarkan produk smartphone android dengan berbagai macam spesifikasi dan harga. Dari harga yang paling murah sampai yang paling mahal, dari spesfikasi yang rendah sampai yang tertinggi. Konsumen jadi dapat memilih sesuai kebutuhan masing-masing.

Hal unik yang ada pada android yaitu nama yang selalu diberikan ke setiap versinya android yang dirilis, nama-nama yang digunakan android diambil dari makanan pencuci mulut atau makanan manis, salah satunya seperti android versi 8.0 yang memiliki inisial nama O.

Penamaan android sendiri memang sudah bisa ditebak sebab setiap android merilis versi baru selalu diikuti dengan penamaan yang di urutkan sesuai alfabetis dimulai dari A-Z, meski saat android baru sampai android O.

Pada setiap rilis terbaru android akan menawarkan hal-hal baru baik dari segi peningkatan kinerja ataupun fitur baru yang akan semakin memanjakan penggunanya. Perbaikan bug juga biasanya akan dilakukan jika terdapat bug yang menggangu pada versi sebelumnya.

Pada versi 8.0 (Oreo) menarik untuk disimak fitur, kinerja, tampilan yang diberikan kepada pengguna.  Android Oreo diklaim lebih pintar, cepat, dan lebih bertenaga. Peningkatan terjadi pada saat menyalakan android Oreo yang diklaim mampu memberikan kecepatan 2x lebih cepat pada saat booting.


Booting Android 8 Oreo lebih cepat 2x dibandingkan versi sebelumnya yang diambil dari sumber www.android.com
Booting Android 2x Leibh Cepat (www.android.com)

Android Oreo membantu pengguna untuk meminimalkan aktivitas aplikasi jika aplikasi itu jarang digunakan. Saya pikir ini fitur yang cukup bagus, dengan penambahan fitur ini aplikasi latar belakang (background limit) dibatasi kemungkinan fitur ini dapat menambahkan daya tahan baterai lebih lama karena semakin sedikit aplikasi yang berjalan di latar belakang seharusnya semakin hemat juga daya yang digunakan.


Dengan android 8 oreo pengguna tidak perlu mempermasalahkan aplikasi yang berjalan di latar belakang padahal jarang digunakan www.android.com
Meminimalkan Aktifitas App (www.android.com)


Android Oreo memiliki fitur Autofill (isi otomatis), fitur ini memberikan kemudahan untuk pengguna ketika akan login ke aplikasi yang digunakan. Cara kerjanya ketika kita login ke aplikasi, android akan meminta ijin untuk mengingat  data login. Jika kita ingi masuk kembali ke aplikasi yang sama kita akan diberikan pilihan yang akan  muncul berupa nama akun yang kita gunakan, setelah kita memilih akun otomatis kolom sandi akan terisi otomatis oleh fitur Autofill, ini karena kita sudah memberikan ijin pada android jika kita ingin login kembali maka akan otomatis terisi sandi kita sama seperti login terakhir kali. Fitur ini sepertinya dapat dimatikan jika kita tidak ingin menggunakannya.

Smart text selection (Seleksi teks cerdas), fitur ini mampu untuk mengenali teks yang kita ketikan atau kita pilih kemudian dari sejumlah langkah yang kita lakukan akan disarankan apa yang selanjutnya di lakukan. Misalnya kita akan login ke media sosial A, kemudian kita ketikan usernam dan password, hal selanjutnya yang dilakukan adalah login, nah login inilah yang dimaksud dengan fitur dari Smart text selection ini.

Smart Feature semakin membuat android 8 Orea semakin pintar
Smart Feature Pada Android Oreo (www.android.com)

Sering melakukan panggilan video (video call)?
Apakah pernah ketika membuat panggilan video kita ingin melihat catatan lainnya yang ingin kita sampaikan kepada lawan bicara?
Pada Android Oreo fitur baru ditambahkan untuk memudahkan pengguna melakukan 2 hal sekaligus, sambil melakukan panggilan video kita juga dapat membuka aplikasi lain seperti kalender atau catatan. Semakin pintar android ini dalam memanjakan penggunanya.


Android 8 Oreo dapat melakukan video call sambil membuka aplikasi
Android Orea 2 Aplikasi (www.android.com)




Notification Dots, fitur ini digunakan untuk melihat pemberitahuan (notifikasi) terbaru dari aplikasi dengan menekan titik pada aplikasi yang titik itu berarti pemberitahuan. Kita bisa melihat pemberitahuan terbaru seperti yang biasanya dapat kita lihat di status bar. Para pengguna dapat memanfaatkan fitur ini untuk melihat notifikasi leibh cepat.

Android Instand Apps. Memberikan pengguna cara baru untuk menggunakan android, pengguna bisa menggunakan aplikasi android tanpa menginstallnya. Aplikasi ini nantinya akan dijalankan melalui browser. Bagus untuk penghematan memori karena kita tidak perlu menginstall aplikasi dahulu sebelum menggunakan.


Fitur terbaru dari android yaitu android 8 Oreo dapat memjalankan aplikasi meski aplikasi belum di install bisa menghemat memori memory
Fitur Dot Notification (www.android.com)

Keamanan pada google play yang akan menjaga pengguna tetap aman terhadap aplikasi yang jahat jahat jahat. Google play melakukan perlindungan dengan mengamati semua hampir semua aplikasi yang nantinya kita unduh sudah dijamin aman oleh google play.


Dengan adanya fasilitas scan dari google play aplikasi yang ada di google play akan semakin aman karena sudah di cek dahulu oleh google
Google Play Lebih Aman (www.android.com)


Senang bermain game atau streaming tapi baterai cepat habis karena daya yang sangat boros, tenang Android Oreo menyakinkan kita kalau ketahan baterai lebih baik untuk para penggunanya. Hal ini cukup masuk akal jika fitur background limit dihadirkan, semakin sedikit aplikasi umumnya semakin hemat daya yang digunakan.


Fitur yang ditambahkan pada Android Oreo adalah perpanjangan jangka hidup pada perangkat dengan menghemat penggunaan baterai
Android Oreo Lebih Hemat (www.android.com)


Suka sama emoji, Android Oreo menghadirkan emoji baru yang di desain ulang termasuk 60 lebih emoji baru. Semakin banyak emoji semakin banyak juga kita dapat mengekspresikan diri. Setelah dilihat baik-baik ternyata emoji perempuan yang berkerudung juga ada.



Penambahan Emoji Pada Android Oreo Termasuk 60 Emoji Baru
Emoji Baru Android Oreo 8 (www.android.com)

Selengkapnya dapat dilihat disini.