Sunday, December 10, 2017

Review Kekurangan Kelebihan Xiaomi Redmi Note 4 VS Xiaomi Redmi Note 3 Pro (Snapdragon)


Perbandingan Xiaomi Redmi Note 4 VS Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Harga dibawah adalah harga yang diambil dari situs jua beli, harga yang digunakan adalah baru, harga bisa berbeda disetiap daerah, bisa lebih mahal atau murah.


Xiaomi Redmi Note 3 Pro
Xiaomi Redmi Note 4
Harga
Rp. 1.999.000,00
Rp. 2.599.000,00
CPU
Snapdragon 650, Hexa-core (4x1.8 GHz Cortex-A53 & 2x1.8 GHz Cortex-A72)
Snapdragon 625, Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53
GPU
Adreno 510
Adreno 506
Memory

Internal 16 GB, RAM 2 GB
atau
Internal 32 GB, RAM 3 GB
Internal 32 GB, RAM 3GB
Atau
Internal 64 GB, RAM 4GB
Eksternal Maksimal 256GB
Eksternal Maksimal 256 GB
Baterai
4050 mAh, Tertanam
4100 mAh, Tertanam
OS
Lollipop (5.1.1) bisa ditingkatkan ke Marshmallow (6.0.1)
Marshmallow (6.0) bisa ditingkatkan ke Nougat (7.0)
Layar
5.5 inch, IPS
5.5 inch, IPS
Resolusi
1080 x 1920, rasio 16:9 (403 ppi)
1080 x 1920, rasio 16:9 (401ppi)
Kamera
Belakang 16MP, Depan 5MP
Belakang 13MP, Depan 5MP
Jaringan
2G, GPRS, EDGE
3G (Maks down 42,2 / up 5.76 Mbps)
4G (Maks down 300 / up 50 Mbps)
2G, GPRS, EDGE
3G (Maks down 42.2 Mbps / up 5.76 Mbps)
4G (Maks down ? Mbps / up ? Mbps)
SIM
Hybrid Dual SIM
Hybrid Dual SIM
Sensor
Fingerprint
Accelerometer
Gyro
Proximity
Compass
Fingerprint
Accelerometer
Gyro
Proximity
Compass

Untuk yang berwarna hijau berarti sangat bagus, warna biru artinya bagus. Terdapat perbedaan penggunaan, untuk selebihnya akan dijelaskan lebih lanjut pada penjelasan di bawah ini.

Harga Xiaomi Redmi Note 3 Pro dan Xiaomi Redmi Note 4:
Harga Xiaomi Redmi Note 4 lebih mahal dibandingkan dengan Xiaomi Redmi Note 3 Pro, hal ini saya rasa wajar dikarenakan Xiaomi Redmi Note 3 Pro lebih dulu di rilis dan dipasarkan. Untuk harga terlihat terpaut cukup jauh, ini juga karena Redmi Note 4 tidak memiliki varian memori 16 GB RAM 2GB, akibatnya harganya di patok oleh produsen juga terlihat cukup mahal, sedangkan pada Xiaomi Redmi Note 3 Pro yang memiliki varian memori 16GB RAM 2GB saya pikir masuk akal jika dilihat dari spesfikasi yang ditawarkan dalam hal penyimpanan internal dan besarnya RAM.

CPU Snapdragon 650 VS Snapdragon 625.
Snapdragon 650:
Untuk masalah kinerja Snapdragon 650 lebih unggul jika dibandingkan dengan Snapdragon 625. Arsitektur Cortex-A72 memiliki keunggulan untuk menangani permainan (game) dan aplikasi (application) yang berat, meski unggul padai kinerja dalam menangani permainan dan aplikasi yang berat, dampaknya pada daya tahan baterai yang akan lebih boros jika Snapdragon 650 dibandingkan dengan Snapdragon 625. Boros disini bukan berarti buruk, ini terjadi  jika pengguna memainkan permainan berat atau menggunakan banyak aplikasi menggunakan Snapdragon 650.

Snapdragon 625:
Meski tidak memiliki kinerja yang lebih baik daripada Snapdragon 650 tetapi Snapdragon 625 memiliki keunggulan daripada Snapdragon 650, yaitu hemat daya. Kinerja Snapdragon 625 ini memang kurang dari Snapdragon 650, tetapi tidak bisa dikatan buruk. Secara penggunaan kinerja yang dihasilkan untuk aplikasi tidak akan terlalu jauh, mungkin akan terjadi sedikit perbedaan kinerja pada permainan (game) yang akan dimainkan tapi itu tidak terlalu buruk. Masalah daya yang digunakan Snapdragon 625 sangatlah baik, bahkan memuaskan untuk penggunaan sehari-hari ataupun bermain game. Anda mungkin akan mendapatkan kurang lebih 30 menit sampai 1 jam daya tahan yang lebih lama dibandingkan Snapdragon 650.

GPU Adreno 510 VS GPU 506
GPU Adreno 510:
Sama seperti CPU yang dimiliki, Adreno 510 memiliki keunggulan dari segi kinerja untuk permainan dan aplikasi berat. Kinerja ini dibayar dengan borosnya daya yang dibutuhkan jika memainkan permainan (game) atau aplikasi (application) berat. Perpaduan antara Snapdragon 650 dengan Adreno 510 menjadikan mereka unggul dalam memainkan permainan yang membutuhkan spesifikasi tinggi.

GPU Adreno 506:
Ini juga sama seperti CPU-nya, memiliki keunggulan pada daya yang lebih hemat membuat perangkat yang dipasang CPU Snapdragon 625 dan GPU Adreno 506 menjadi smarpthone hemat daya (spesifikasi lain juga berpengaruh). Bagi yang sering keluar dari ruangan dan jauh dari stopkontak atau listrik dan tidak mau ribet dengan membawa powerbank ke mana-mana ini menjadi kabar yang menggembirakan. Karena smarpthone ini bisa bertahan sampai 2 hari dengan pemakaian ringan seperti chatingan, browsing sebentar, balas pesan, nelpon.

Memory dan RAM:
Memory:
Untuk memori ini relatif, saya kira 16 GB atau 32 GB sudah cukup untuk pemakaian normal. Kecuali anda ingin menginstall banyak permainan yang lebih dari 1GB. Setiap orang menginginkan hal yang berbeda, tapi menginstall banyak permainan apakah akan memainkan permainan itu semua dalam sehari? Saya pikir tidak, tapi mungkin ada yang ingin menyimpannya jika sewaktu-waktu ingin memainkannya. 

RAM:
RAM ini berpengaruh pada kinerja aplikasi yang akan dijalankan. Semakin besar RAM seharusnya makin banyak aplikasi yang dapat dijalankan. Ini juga relatif, tergantung si pengguna mau membuka aplikasi 5-10, memuka banyak tab di chrome atau yang lainnya. RAM yang besar akan lebih baik, karena kedepannya kita tidak perlu khawatir akan kehabisan RAM jika ingin menginstall aplikasi yang lebih baru yang mungkin akan memakan RAM lebih banyak. Android lebih boros RAM.

Baterai:
Perbandingan baterai Xiaomi redmi note 3 Pro dengan Xiaomi redmi Note 4 sebenarnya tidak jauh berbeda. Tapi memang akan sedikit terasa meski perbedaanya hanya 50 mAh. Untuk baterai ini tergantung spesfikasi lain, CPU dan GPU juga mempengaruhi daya tahan baterai ditambah juga dengan aktifitas pengguna apakah lebih sering memainkan permainan (game) berat atau hanya penggunaan biasa seperti chating, buka medsos (Media Sosial).

OS:
OS Xiaomi redmi Note 3 Pro dibandingkan OS Xiaomi redmi note 4, Xiaomi redmi note 4 memiliki keunggulan pada upgrade OS, satu tingkat lebih unggul. OS bisa dijadikan pertimbangan untuk pengguna yang biasanya bertahan lama setelah membeli smarpthone (yang gak suka ganti-ganti). Dengan OS terbaru aplikasi yang dan permainan yang ada juga lebih lengkap dan banyak, karena semakin lama OS kemungkinan akan dihentikan pengembangan aplikasi akan semakin tinggi, jika sudah begitu maka aplikasi yang baru keluar tidak bisa diinstall atau aplikasi yang sudah terpasang ternyata sudah tidak bisa di update.

Kamera:
Untuk kamera kembali lagi pada kebutuhan pengguna. Jika ingin kamera bagus cari MP yang lebih besar. Dilihat dari spesfikasi diatas Xiaomi redmi Note 3 Pro dengan Xiaomi Redmi Note 4 memiliki perbedaan kamera, dispesifikasi Redmi Note 3 Pro sedikit unggul dibandingkan Redmi Note 4. Tapi menurut para pengguna kamera Xiaomi Redmi Note 4 lebih baik dari pada Xiaomi redmi Note 3 Pro.

Jaringan:
Jaringan pada ke dua smarpthone di atas lengkap dan hampir sama. Tapi informasi mengenai kecepatan download dan upload dari Xiaomi redmi Note 4 tidak di dapatkan karena dari itu pada tabel perbandingan Xiaomi Redmi Note 3 Pro dan Xiaomi Redmi Note 4 diatas dituliskan dengan tanda tanya karena belum ada kejelasan mengenai kecepatan maksimal internet download dan upload Xiaomi Redmi 4.

Kesimpulan:
Akhirnya sampai kesimpulan, karena pada kesimpulan ini akan ada kekurangan dan kelebihan Xiaomi Redmi Note 3 Pro dan Xiaomi Redmi Note 4, hasilnya dapat dilihat pada tabel dibawah ini:

Xiaomi Redmi Note 3 Pro
Xiaomi Redmi Note 4
+ Harga murah
+ Cocok untuk bermain game
+ Memiliki variant memory 16 GB dan ram 2 GB

+ Harga murah
+ Baterai sangat hemat
+ Versi OS lebih baru
+ Kamera sedikit lebih baik dari Redmi note 3 Pro
- Baterai sedikit lebih boros dibandingkan Redmi Note 4
- Versi OS sedikti tertinggal
- Kamera kurang bagus ditempat gelap
- Sudah Rilis lebih dari setahun
- Baterai tertanam
- Kalah sedikit untuk bermain game dibandingkan xiaomi redmi note 3 Pro
- Kamera kurang bagus ditempat gelap
- Kecepatan internet kurang jelas pada spesfikasi
- Baterai tertanam