Sunday, December 24, 2017

Cara Membuat Pecahan Desimal di Excel


Pada beberapa tutorial sebelumnya kita sudah mengubah format angka di Excel menjadi mata uang (Baca: Cara Mengubah Angka Di Excel Menjadi Mata Uang), pada tutorial tersebut penulisan format uang diawali dengan Rp yaitu kepanjangan dari Rupiah dengan tanda titik sebagai pemisah seribu. Untuk tanda pemisah ribuan ada tanda titik, sedangkan pemisal pecahan desimal menggunakan tanda koma, ini yang menjadi perbedaan antara pemisah ribuan dan pecahan desimal.

Contohnya seperti menuliskan harga barang, kita bisa menambahkan tanda koma sebagai pecahan, tapi untuk menambahkan pecahan kita tidak bisa hanya menambahkan koma di akhir angka karena itu tidak akan berpengaruh pada format penulisan di excel.

Ada cara untuk menambahkan format pecahan agar terlihat tanda koma diakhir nilai, yang dapat diformat tentu saja hanya yang berhubungan dengan angka. Misalnya dari “Rp 15.000 “ bisa saya tambahkan dua angka dibelakang koma sehingga formatnya menjadi “Rp 15.000,00”.

Untuk tutorial ini saya menggunakan data yang sudah digunakan pada tutorial Cara Mengubah Angka Di Excel Menjadi Mata Uang dan Tutorial Cara Mengubah Nilai Excel Ke Persen. Bagi yang ingin mencoba menggunakan data yang sudah saya buat bisa mengunduhnya pada tutorial sebelumnya.

Bisa juga menggunakan data anda sendiri, jika anda belum tahu cara untuk menambahkan tampilan tabel pada cell bisa melihat tutorial saya Membuat Tampilan Tabel atau Border Di Excel  untuk menghapus tampilan tabel atau border saya juga telah membuat tutorialnya Cara Menghapus Border Atau Tabel Excel.

Sebeum itu anda harus tahu apa itu cell di excel karena saya sudah menjelaskannya di Pengenalan Microsoft Excel tentang perbedaan baris (row), kolom (Coloumns), dan cell. Saya juga menambahkan perataan tengah pada data saya agar terlihat rapi, caranya cukup mudah hanya dengan melihat tutorial saya tentang Cara Meratakan Penulisan Di Excel anda bisa meratakan penulisan teks, nomor dan yang lainnya sesuai kebutuhan.

Sekarang anda hanya perlu menyiapkan data untuk praktek ini (jika anda tidak mengunduh data yang sudah saya siapkan). Jika anda memiliki data sendiri kita sudah bisa memulai tutorial ini.

Jika semuanya sudah lengkap mari kita mulai Cara Menambahkan Pecahan Desimal ke Excel dengan mengikuti langkah berikut, pertama pilih cell yang dibutuhkan pada kasus ini saya menggunakan cell D6, kemudian pergi ke tab Home kemudian di Group Number paling bawah sebelah kanan ada dua simbol tanda panah, titik dan angka nol.

Tanda Panah sebelah kiri untuk menambahkan 1 angka dibelakang koma, tanda panah sebelah kanan akan mengurangi 1 angka dibelakang koma. Untuk lebih jelas bisa melihat contoh berikut.

Tutorial Cara Menambahkan Pecahan Desimal di Excel (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)
Cara Menambahkan Pecahan Desimal (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)

Pada contoh diatas saya hanya mengubah satu cell yaitu pada cell D6, anda bisa mencoba mengubah cell D7 dan cell D8 sebagai percobaan, bisa juga mengubah dua cell sekaligus dengan memilih dua cell kemudian tambahkan pecahan desimal dengan cara yang sama seperti penjelasan diatas, anda bisa menambahkan 1 angka di belakang koma, 2 angka di belakang koma, bisa juga lebih dari 2.

Penulisan angka pecahan desimal bisa digunakan sesuai kebutuhan, pecahan desimal juga bisa ditambahkan atau di kurangi. Itulah Cara Membuat Pecahan Desimal di Excel, semoga tutorial ini bisa bermanfaat.