Friday, December 22, 2017

Membuat Tampilan Tabel Di Excel

Pertama-tama buka terlebih dahulu Office Excel. Setelah kita membuka excel pertama kali kita akan disuruh memilih blank workbook atau membuka file sebelumnya yang sudah pernah kita buat. Karena kita akan memulai yang baru pilih blank workbook.

Blank workbook akan menampilkan sheet yang kosong, jika dilihat itu tidak benar-benar kosong karena sekilas terlihat garis abu-abu yang kita lihat seperti persegi panjang. Pada dasarnya itu adalah batasan cell yang dapat digunakan (Baca: pengertian cell).

Misalnya data seperti contoh dibawah ini.

Contoh Data Excel Tanpa Tabel (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)
Data Excel Tanpa Garis Tabel (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)

 
Setelahnya ingin dicetak dengan printer tapi ternyata tidak ada tabel yang dibuat oleh printer. Kenapa bisa seperti ini?

Itu dikarenakan pada excel yang kita ketik tadi memang belum dibuat tabel yang sebenarnya untuk data tadi. Garis abu-abu hanyalah pemisah antara cell, setiap garis akan dianggap tidak berwarna atau dianggap sebagai warna putih jika dicetak.

Bagaimana cara menambahkan tabel agar bisa di print atau dicetak dan tampilan memiliki tabel?

Dengan menambahkan border, dengan border bisa ktia tambahkan garis hitam untuk pemisah antar cell sehingga ditampilkan mirip tabel seperti office word. Berikut contoh menambahkan garis pada cell agar terlihat menjadi tabel ketika di cetak dengan printer.

Contoh Border Satu Cell di Excel (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)
Contoh Penambahan Border (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)
 
Pada contoh diatas saya menambahkan garis pada cell agar telihat memiliki tabel. Pertama saya memilih cell yang ingin ditambahkan garis kemudian pilih Home -> borders yang ada Group fonts -> klik tanda panah borders yang nantinya akan muncul jendela kecil memanjang -> klik pada borders all. All borders berguna untuk menambahkan garis secara lengkap pada setiap sisi cell. Jadi yang persegi panjang itu tadi nantinya akan ditambahkan garis hitam yang akan menyerupai tabel seperti office word.

Kita bisa langsung memilih menambahkan borders ke beberapa cell bersamaan, caranya dengan pada mouse klik kiri jangan dilepas , kemudian gerakan mouse hingga mencapai seluruh cell yang dibutuhkan hingga cell terakhir, setelah cell semua cell terpilih klik tab Home -> borders yang ada Group fonts -> klik tanda panah borders yang nantinya akan muncul jendela kecil memanjang -> klik pada borders all. All borders ini artinya menambahkan borders ke semua sisi cell. Berikut contoh penambahan borders agar terlihat seperti tabel.

Contoh Menambahkan Border Pada Banyak Cell (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)
Menambahkan Border Pada Banyak Cell (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)