Sunday, December 24, 2017

Cara Menyembunyikan Kolom Dan Baris Excel


Pembuatan data excel tidak hanya mencakup satu atau dua kolom dan baris, tapi bisa terdiri dari banyak baris. Dari sekian banyak baris kita bisa saja menyembunyikan baris atau kolom tertentu. Sebelum membaca tutorial ini saya sarankan membaca postingan saya Pengenalan Microsoft Excel jika anda belum tau apa perbedaan baris (row), kolom (coloum), dan cell.

Setelah anda memahami baris (row), kolom (coloum), dan cell di excel selanjutnya anda bisa membuat data sendiri sebagai bahan praktek tutorial ini atau bisa mengunduh data yang sudah saya siapkan.

Menyembunyikan data ini sebenarnya cukup sederhana, cara kerjanya sembunyikan kolom dan baris ini didasarkan pada pengaturan lebarnya. Disini saya akan memberikan cara yang sering saya gunakan untuk menyembunyikan kolom dan baris.

Cara yang sering saya gunakan menurut saya adalah yang cukup cepat dan sederhana, karena kita hanya tinggal memilih untuk menyembunyikan kolom atau baris. Langkah pertama anda pilih dahulu kolom atau baris yang akan disembunyikan, anda dapat memilih semua baris sekaligus dengan mengklik pada Kolom paling atas, pada contoh kasus ini saya memilih Kolom D. Setelah itu klik kanan Kolom D untuk membuka jendela baru, disana ada pilihan untuk pilihan untuk hide, klik hide tadi dan kolom akan langsung disembunyikan.

Cara yang sama juga dapat dilakukan pada baris, langkahnya juga sama. Pertama pilih baris yang akan disembunyikan pada kasus ini saya memilih baris ke 7, kemudian klik kanan pada baris tadi pilih hide, maka baris akan disembunyikan. Berikut contoh untuk menyembunyikan kolom dan baris.

Cara Menyembunyikan Kolom Dan Baris Excel (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)
Cara Menyembunyikan Kolom Dan Baris Excel (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)

Setelah mengikut tutorial ini anda sudah bisa menyembunyikan baris, menyembunyikan baris kadang diperlukan untuk melihat data lain tanpa harus menghapus data yang sudah ada. Semoga tutorial ini bisa bermanfaat.