Saturday, December 23, 2017

Cara Mengubah Angka Di Excel Menjadi Mata Uang


Untuk pengetikan di excel kadang kita ingin memasukan angka dengan mata uang yang otomatis ada di tampilan excel. Secara bawaan cell excel akan di atur ke pengaturan umum atau general, pengaturan ini akan membuat pengaturan excel tidak menjadi spesifik artinya tidak ada pengaturan khusus apakah nilai pada cell ini adalah angka, huruf, mata uang, tanggal.

Bagi yang belum tahu apa itu cell bisa melihat postingan saya sebelumnya tentang Pengenalan Microsoft Excel, pada postingan tersebut sudah di jelaskan tentang cell. Setelah memahami apa itu cell sekarang akan lebih mudah memahami apa tutorial ini.

Untuk contoh saya membuat data excel seperti gambar dibawah ini

Cara Merubah Kolom Excel Ke Mata Uang Rupiah (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)
Cara Merubah Kolom Excel Ke Mata Uang (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)
 
Pada gambar diatas saya membuat daftar harga barang. Terdapat no, nama barang, kuantitas, dan harga satuan. No adalah singkatan dari nomor urut barang. Nama barang adalah nama barang. Kuantitas adalah jumlah dari barang yang ada saat ini tersedia. Harga satuan adalah harga per satu barang.

Dapat dilihat pada data diatas pada kolom harga satuan saya mengisi nilai setiap barang dengan angka, tujuan dari kolom harga satuan adalah untuk menjelaskan bahwa kolom dibawahnya merupakan harga dari nama barang.

Pada satuan mata uang biasanya ada format khusus pada mata uang yang menyatakan itu nilai mata uang, kita ambil contoh Rupiah yang disingkat dengan Rp untuk menyatakan mata uang, pada data diatas tidak terdapat keterangan rupiah, padahal saya membutuhkan kolom harga satuan itu diisikan nilai Rupiah

Untuk dapat melakukan hal ini kita bisa mengubah format dari cell, karena secara bawaan cell adalah General seperti yang saya jelaskan diatas kita harus merubah formatnya ke mata uang agar kolom Harga Satuan bisa terisi nilai mata uang.

Berikut cara mengubah format cell agar berisi mata uang, pertama pilih cell yang ingin diubah formatnya, pada contoh ini saya memilih cell e6 sampai dengan cell e8, cara memilihnya bisa dengan mouse klik kiri pada cell e6 janga dilepas, geser ke cell e8, lepas klik kiri mouse tadi, pergi ke tab home, pergi ke group Number pilih kolom general kemudian akan terbuka jendela kecil yang memanjang kebawah, pilih accounting. Maka kolom Harga Satuan akan berisi nilai Rupiah beserta titik pada setiap angka ribuan. Berikut contoh mengubah format pada kolom Harga Satuan dari angka biasa ke mata uang.

Tutorial Merubah Kolom Excel Ke Mata Uang Rupiah (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)
Tutorial Merubah Kolom Excel Ke Mata Uang (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)
 
Dengan kita merubah format kolom dari angka menjadi mata uang ke Rupiah pada kolom Harga Satuan dapat memudahkan kita melihat nilai harga, adanya penambahan mata uang juga ada penambahan titik antara angka ribuan memudahkan kita untuk melihat dan membaca kolom Harga Satuan, dan terakhir untuk pencetakan nantinya nilai Rupiah ini juga akan disertakan.