Monday, December 18, 2017

Tips Excel: Tempat Menulis Rumus Excel

Penulisan Rumus Excel Pada Cell Yang Baik Dan Benar (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)
Penulisan Rumus Excel (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)


Pada beberapa tutorial sebelumnya sudah dijelaskan tentang penulisan rumus excel, melakukan perhitungan matematika dan penggunaan beberapa rumus untuk perhitungan dengan excel.

Aturan penulisan rumus harus diawali dengan tanda “=” (sama dengan), setelah itu diikuti dengan rumus fungsi yang akan digunakan, buka kurung argument dan tutup kurun.

Penulisan rumus pada excel dapat dilakukan di dua tempat. Yang pertama adalah di formula ba. Berikut gambar formula bar untuk penulisan rumus excel.


Gambar kolom formula excel (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)
Kolom Formula Untuk Menulis Rumus (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)

 
Penulisan pada kolom formula (rumus) relatif lebih nyaman karena tempat yang terpisah dan lebih leluasa untuk pengetikan rumus dan juga tidak menggangu untuk pemilihan cell secara langsung.

Kolom formula (rumus) ini juga dapat diperluas, ini akan semakin memudahkan kita untuk penulisan rumus yang cukup panjang. Jika anda mencoba mengklik tombol panah pada gambar formula bar kolom yang yang awalnya terlihat sempit jadi lebih luas.


Cara memperluas formula bar di excel (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)
Meluaskan Formula Bar Excel


Cara pertama ini saya saya sarankan, selain lebih mudah kita dapat lebih cepat dalam memilih cell yang ingin di proses.

Cara penulisan ke dua adalah dengan langsung menuliskan rumusnya di cell. Memang bisa menuliskan langsung rumus di cell excel?

Bisa, itu sudah di coba pada tutorial cara penjumlahan otomatis di excel dengan rumus. Cara ini memang bisa dilakukan tapi tidak terlalu saya sarankan karena untuk penulisan rumus yang panjang bisa sedikit membuat pusing.

Alasan lainnya karena ketika penulisan rumus dan cell yang akan dipilih ada di dekat rumus maka cell tersebut akan tertutupi oleh rumus tadi.

Apakah anda bingung yang saya maksudkan disini?

Perhatikan contoh berikut ini.

Contoh penulisan Rumus penjumlahan Otomatis pada Excel (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)
Penulisan Rumus Excel (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)


Pada contoh di atas dapat dilihat bahwa saya membuat rumus pada cell G5, rumus yang saya gunakan sudah saya jelaskan pada tutorial penjumlahan otomatis dengan rumus. Setelah itu saya memilih cell yang dibutuhkan yaitu cell D5 hingga cell F5.

Coba perhatikan cell F5, pada contoh cell F5 tertutupi oleh rumus akibatnya kita tidak bisa melihat nilai yang ada di F5. Ini tidak masalah jika nilai awal yang kita pilih tidak tertutupi tapi bagaimana jika nilai awalnya tertutupi?

Jika cell yang ingin dipilih tertutupi maka ketika nilai itu ingin dipilih dengan menggunakan mouse cell tersebut tidak akan bisa dipilih. Coba kita praktekan langsung, caranya dapat dilihat pada contoh berikut.


Permasalahan ketika mengetik rumus di cell ternyata cell sebelah tidak bisa dipilih (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)
Penulisan Rumus Di Cell Excel (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)

Pada contoh diatas saya berniat mengubah cell G5. Perubahan yang akan saya lakukan adalah menambahkan jumlah yang sudah dibuat sebelumnya, saya ketik tombol F2 pada keyboard untuk melakukan perubahan pada cell kemudian saya berikan operator tanda tambah pada cell G5 dan akan melakukan penambahan lagi dengan cell yang akan dipilih adalah cell F5. Saya coba klik cell F5 ternyata yang dipilih adalah cell G5.

Mengapa cell G5 yang dipilih?

Ini disebabkan cell diatasnya yang cukup sempit atau ngepas akibatnya cell dibawahnya memiliki tempat yang terbatas untuk menampung teks. Akibatnya cell F5 tertutupi oleh cell G5. Ini yang membuat penulisan pada cell sedikit sulit.

Bagaimana caranya agar cell tidak tertutupi oleh rumus?

Ada cara agar cell tidak tertutupi oleh rumus yaitu dengan memperluas kolom yang akan kita tuliskan rumus agar tersedia ruang lebih untuk penulisan rumus. Karena kolom yang kita tulis rumus ukurannya ngepas kita hanya perlu sedikit meluaskan barisnya. Berikut cara meluaskan kolom agar rumus tidak menutupi cell lain.


Cara Meluaskan Kolom Pada Excel (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)
Meluaskan Kolom Pada Excel (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)


Saya meluaskan kolom dengan menarik kolom G kesebelah kanan, kemudian mengklik F2 pada cell G5 untuk mengubah nilainya, sekarang cell F5 bisa diklik untuk dipilih.

Seperti itulah cara agar rumus tidak menutupi cell. Tetapi dapat dilihat nilai yang sedikit pada cell G5 sedangkan cell-nya cukup lebar. Bagi sebagian orang mungkin itu tidak terlihat cukup bagus karena ada ruang kosong pada kolom yang sudah diubah tadi.

Sekian untuk tips excel tentang tempat menulis rumus untuk excel. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.