Sunday, December 24, 2017

Cara Meratakan Penulisan Di Excel


Pada pembuata lembar kerja di excel kita sering mengetikan huruf yang berupa kalimat pada cell excel, kalimat yang diketikan juga beragam ada yang berupa judul dari kumpulan data ada juga yang berisi nilai berupa teks, seperti nama, alamat, dan sebagainya. Jika ada yang belum mengerti apa itu cell pada excel, anda bisa melihat pada postingan saya Pengenalan Microsoft Excel, pada postingan tersebut saya sudah menjelaskan apa itu cell dan perbedaan dengan kolom dan baris.

Pada tutorial ini kita akan menggunakan data yang sebelumnya, pada tabel tersebut terdapat kolom Jumlah yang sudah didapatkan dengan RumusFungsi Penjumlahan Otomatis Pada Excel dan sudah dijelasakan pada postingan tersebut, sedangkan pada kolom Rata-Rata sudah di bahas pada postingan saya Cara Mencari Nilai Rata-Rata Di Excel.

Terkadang cell yang kita gunakan tidak melakukan perataan dengan kebutuhan, jika kita meluaskan cell atau menggabungkan cell (Baca: Cara Menggabungkan Cell Excel) hasil perataan pada cell yang bernilai baik itu berisi nilai teks, nomor, atau mata uang (Baca: Cara Mengubah Angka Di Excel Menjadi Mata Uang) hasilnya perataan secara bawaan yang digunakan, pada excel yang gunakan  perataan bawaan yang digunakan adalah kiri bawah. Untuk melihat perataan kita bisa memperluas cell agar. Untuk contoh saya menggunakan data sebelumnya, dapat di unduh disini.

Pada file excel diatas sudah saya ubah perataannya menjadi perataan bawaan. Coba perhatikan pada kolom Penjumlahan dengan tambah, No, Nama, Nilai, Jumlah. Perhatikan gambar berikut.

Contoh Teks Cells Excel Yang Tidak Rata (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)
Contoh Teks Yang Tidak Rata di Excel (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)
 
Pada gambar diatas perataan yang digunakan adalah rata kiri bawah. Bisa dilihat cell B4 yang perataannya ada di bawah kiri, hal yang sama juga terjadi pada cell C4 yang berisi teks Nama dan Cell G4 berisi teks Jumlah.

Pada gambar diatas terlihat perataan yang digunakan tidak terlihat rapi, agar terlihat rapi kita bisa membuat perataan tengah. Untuk perataan ada dua perataan yang bisa digunakan yaitu perataan secara horizontal (kiri ke kanan atau sebaliknya), perataan vertikal (atas kebawah atau sebaliknya).

Jika kita melakukan perataan horizontal maka perataan akan dilakukan kiri ke kanan, akibatnya akan ada jarak atau ruang kosong antara nilai cell dengan batas sisi kanan atau kiri cell.
Untuk melakukan perataan vertikal atau atas bawah kita bisa menggunakan perataan vertikal, akibatnya akan memberikan ruang kosong antara nilai cell dengan batas sisi atas atau bawah cell.

Ada dua cara untuk melakukan perataan yang pertama langsung mengaksesnya dengan pergi ke tab home kemudian ke group alignment, letaknya ada di bagian paling kiri pada group alignment. Disana ada 2 baris, baris pertama untuk perataan vertikal, baris ke dua untuk perataan horizontal.

Berikut contoh cara pertama untuk melakukan perataan isi cell di excel secara vertikal dan horizontal.
Cara Perataan Teks di Excel (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)
Cara Perataan di Excel (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)

Pada contoh diatas awalnya saya memilih cell yang akan dilakukan perataan, pada kasus ini saya memilih cell G4, kemudian pergi ke tab home lalu di group Alignment paling sebelah kiri saya memilih perataan pada urutan atau baris pertama yaitu perataan vertikal, kemudian saya memilih perataan vertikal tengah, kemudian perataan atas.

Saya juga mencoba melakukan perataan horizontal kanan, perataan horizontal tengah, perataan horisontal kiri. Jika perataan horizontal tidak dipilih maka secara bawaan perataan yang digunakan perataan horizontal kiri.

Sekarang kita akan mencoba cara kedua. Pertama pergi ke tab home -> group alignment -> klik alignment setting, maka akan terbuka jendela baru yaitu format cell, pada jendela ini terdapat group text alignment, disana ada Alignment Horizontal dan Vertikal. Fungsinya sama seperti penjelasan diatas untuk Alignment Horizontal dan Vertikal.

Cara Perataan Teks di Excel Pada  Menu Format Cells (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)
Perataan Melalui Format Cells (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)
  
Jika jendela baru sudah berhasil terbuka, disana ada Text Alignment Horizontal, jika kita klik pada kolom General maka akan muncul jendela kecil memanjang kebawah begitu juga jika kita klik Vertikal (Vertical). Untuk Horizontal ada perataan left untuk kiri, right untuk kanan, center untuk tengah. Untuk Vertikal Top untuk rata atas, Bottom untuk rata bawah, Center untuk rata tengah.

Anda bisa mencoba melakukan perataan pada kolom No, Nama, dan Nilai untuk diratakan menjadi rata Vertikal tengah dan rata Horizontal tengah, tidak harus sama seperti saya tapi bisa juga melakukan perataan sesuai kebutuhan.

Itulah Cara Meratakan Penulisan padadi Excel dengan cara langsung yang bisa diakses di tab home atau pergi ke format cell yang akan membuka jendela baru. Semoga tutorial ini bisa bermanfaat.