Saturday, December 23, 2017

Cara Mengubah Nilai Excel Ke Persen


Menurut Wikipedia Persentase adalah bilangan yang diskalakan agar dapat dibandingkan dengan seratus. Persentase bisa digunakan di excel, penggunaannya diaplikasikasikan ke cell yang nantinya format dari cell tersebut akan berubah ke dalam bentuk persen.

Jika anda belum mengenal pengertian dari cell di excel saya sarankan untuk membaca postingan saya Pengenalan Microsoft Excel, pada postingan tersebut sudah saya jelaskan sedikit tentang apa itu cell dan anda akan paham cara mengetahui cell itu yang mana.

Untuk melakukan tutorial ini saya menggunakan data yang dibuat sendiri berikut data yang saya gunakan.

Cara Merubah Nilai Excel Ke Persen (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)
Contoh Data Persen (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)

Sedikit penjelasan untuk data diatas, pertama saya mengetikkan kolom lulus, tidak lulus, dan jumlah, kemudian baris nilai, dan persentase. Nilai yang saya masukan adalah 90 untuk yang lulus saya ketik di cell  B3, yang tidak lulus saya ketik nilai 10 pada cell C3, kolom jumlah saya menjumlahkan dengan rumus penjumlahan otomatis (Baca: RumusFungsi Penjumlahan Otomatis Pada Excel), pada bari persentase saya menggunakan rumus Lulus / Jumlah (Lulus dibagi dengan jumlah) sehingga menghasilkan nilai 0,9 hal yang sama juga dilakukan pada Persentasi Tidak Lulus rumus Tidak Lulus / Jumlah (Tidak Lulus dibagi dengan jumlah) sehingga menghasilkan nilai 0,1, terakhir jumlah Persentasi saya jumlahkan menggunakan rumus penjumlahan otomatis lagi.

Cara merubah format nilai pada excel dari angka menjadi persentase dapat mengikuti langkah ini, pertama pilih cell yang akan dijadikan persentasi pada conto ini cell yang akan saya pilih adalah cell B4 dan cell C4, pilih dua cell tersebut  pada mouse klik kiri sekali di cell B4 tahan jangan dilepas, geser kekanan hingga ke cell C4 maka kedua cell tadi sudah terpilih, pergi ke tab home -> group number -> General ubah ke Percentage. Sekarang angka 0.9 pada kolom Lulus akan berubah menjadi 90% sedangkan angka 0.1 pada kolom tidak lulus akan berubah menjadi 10%. Berikut contoh mengubah format dari angka ke persentase di excel:

Tutorial Merubah Format atau Nilai Excel Ke Persen atau Persentase (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)
Tutorial Merubah Nilai Excel Ke Persen (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)

Setelah contoh diatas dilakukan kita telah berhasil mengubah format angka menjadi persen atau persentase. Untuk informasi tambahan jika anda mencoba merubah format angka yang bukan merupakan hasil skala maka hasilnya akan menjadi lebih dari nilai seperseratus. Misalkan Nilai dari Kolom Lulus diubah ke format persen maka akan menghasilkan 9000%, hal ini dikarenakan format persentase akan mengalikan nilai cell dengan angka 100, jadi 90 X 100 = 9000%.

Sekian tutorial saya Cara Mengubah Nilai Excel KePersen, semoga dapat bermanfaat.