Friday, December 15, 2017

Pengenalan Microsoft Excel

Tampilan Awal Excel


Kita akan sedikit berkenalan dengan excel ini untuk mempermudah dalam mengikuti tutorial nantinya.

 Siapa yang harus membaca tulisan ini?
Yang diharuskan atau diwajibkan membaca aritkel ini adalah yang belum pernah sama sekali menggunakan excel atau yang pernah menggunakan dan hanya tau sebatas penggunan tanpa tau apa itu fungsinya.

Dengan pengenalan ini akan mempermudah pengguna dalam pemakaian, karena nantinya tutorial selanjutnya akan menggunakan beberapa istilah yang mungkin akan sedikit membingungkan bagi beberapa pengguna seperti coloumn, row, cell, sheet.
Setelah melihat gambar diawal tulisan ini, bisa dilihat nomor yang sudah saya tambahkan pada gambar.

Lihat gambar dan baca keterangan dibawah ini sesuai nomornya.
Berikut penjelasan setiap nomor yang terdapat pada gambar diatas.

1. Quick Access Toolbar:
Quick Access Toolbar bertujuan untuk mempercepat kita dalam mengakses perintah yang paling sering kita gunakan. Misalnya untuk perintah undo, save as, dan banyak lagi.
Kamu dapat menyesuaikan Quick Access Toolbar ini sesuai kebutuhan. Jangan meletakan banyak perintah, apabila terlalu banyak perintah yang ditambahkan maka akan akan mempersulit kita.

2. Ribbon:
Ribbon menyediakan perintah-perintah yang akan digunakan pada Excel.
Ribbon dikelompokkan menjadi 8 tabs yaitu, Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review, Add-Ins.
Yang didalam dari tabs yaitu group (kelompok), bisa kita lihat seperti Font, Alignment dan Number termasuk ke dalam group (kelompok).
Bagian terakhir yaitu Commands (Perintah), Commands digunakan sesuai kebutuhan masing-masing pengguna. Misalnya untuk melakukan perubahan font dapat mengakses Tab home -> Font.

3. Row bar, terlihat pada gambar ada  1, 2, 3, dst itu disebut dengan baris. Jadi melihatnya dari kiri ke kanan.

contoh baris dan row pada excel
Baris Pada MS. Excel


4. Coloumn bar, pada gambar yang disebut kolom itu yang ada  A, B, C, dst yang terdapat disisi atas. Jadi kolom itu dari atas kebawah atau sebalikya.

Contoh Kolom pada excel
Kolom pada MS Excel


5. Cell, cell itu gabungan dari Row bar dan Columns Bar. Kita harus kenal yang nama cell untuk menentukan lokasi cell yang nantinya akan digunakan sebagai nilai dari rumus excel.  Coba lihat lagi dibawah tulisan Clipboard terdapat kolom B2, ini didapatkan dari pertemuan antara coloumn B dengan rows 2 sehingga didapatkna cell B2. Geser kekanan cell C2, geser lagi kekanan cell D2. Kita geser kekiri sekali maka akan menjadi cell apa?
Setiap perubahan pada cell maka akan terjadi juga perubahan pada kolom yang ada di bawah Clipboard.

contoh dan pengertian cell pada excel
Contoh Cell Excel


6. Sheet, ini adalah lembar yang kita gunakan sekarang. Sheet ini dapat ditambahkan ataupun dihapus. Sheet tidak akan bisa dihapus semua. Cara menghapus sheet dengan mengklik kanan pada Sheet1 kemudian klik delete.

7. Page Layout, saya jarang menggunakan ini. Karena penggunaan untuk hal biasa saja seperti melakukan operasi matematika biasa, memasukan rumus, membuat grafik.
Disebelah kanannya ada zoom level, gunanya untuk memperbesar atau memperkecil sheet.

8. File Tab:
File tab akan memindahkan anda ke tampilan yang berbeda. Disini kita dapat membuat document baru dengan mengklik tab New.

Tab Open digunakan untuk membuka file excel yang sudah ada. Pencarian file yang sudah ada dapat dilakukan melalui Recent, yaitu file terakhir yang kita simpan, biasanya di kelompokkan kedalam hari ini, minggu ini, minggu terakhir.

Tab Save digunakan untuk menyimpan file excel. File yang disimpan umumnya berformat .xlsl untuk office 2007 keatas sedangkan 97 sampai dengan 2003 menggunakan hanya ada .xls .

Tab Save As, akan melakukan penyimpanan ulang. Meski kita sudah menyimpan file yang sudah kita kerjakan sekarang excel akan menampilkan jendela Save As. Tab Save As akan menutup file yang kita simpan sekarang dan menampilkan file terakhir yang disimpan dengan nama yang berbeda meskipun isinya masih sama dengan file yang nama berbeda.
Tab Print digunakan untuk mencetak lembaran pada excel. Disini kita dapat mengatur ukuran kertas, orientasi kertas apakah mau vertikal atau horizontal.

Tab Share, jarang digunakan untuk kita sebagai pemakai umum yang sering menggunakan flashdisk sebagai media transfer. Kita dapat membagikan file excel kita menggunakan fungsi share bisa melalui email atau penyimpanan awan (Cloud).

Tab Export, untuk mengubah dokumen menjadi PDF atau ke tipe lainnya. Ini juga jarang digunakan untuk penggunaan umumnya.

Tab Close untuk menutup excel.

Account akan berisi informasi tentang office kita, disini hanya bisa melihat aktifasi lisensi dan mengubah tema.

Tab Option  berisi banyak pengaturan, jarang digunakan kecuali yang sudah tau fungsinya. Kadang juga bisa digunakan untuk mengubah format default dari pengaturan awal seperti.