Saturday, December 9, 2017

Melakukan Operasi Matematika dan Penulisan Rumus Pada Excel


Excel sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang, khususnya untuk para pekerja kantoran yang sering melakukan perhitungan data. Software buatan microsoft yang satu ini sangat membantu pekerjaan, selain mempermudah juga mempercepat pembuatan data yang diinginkan.
Pada excel dikenal formula (rumus), bagi para pengguna yang baru menggunakan excel pasti belum tau apa kegunaan formula. Formula atau dikenal rumus adalah aturan yang digunakan untuk melakukan suatu operasi seperti matematika, pengambilan huruf, dsb.
Excel dapat digunakan untuk melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, perpangkatan sama seperti kalkulator. Excel mempermudah kita dalam melakukan perhitungan yang banyak dan kompleks. Misalnya menghitung nilai UAS (Ujian Akhir Semester) siswa/i akan lebih mudah menggunakan Excel selain lebih mudah kita juga dapat membuat salinan data di penyimpanan hardisk dan melakukan pencarian yang cepat, jika sewaktu-waktu kita memerlukan kita tinggal mencari file nilai UAS.
Untuk menggunakan rumus excel kita harus memulai dengan tanda = (sama dengan) setelah itu diikuti dengan rumus yang akan digunakan. Untuk melakukan operasi matematika sederhana kita dapat menggunakan operator matematika pada umumnya seperti yang ada pada tabel dibawah ini:

Operator
Fungsi
Keterangan

+
Tambah
Operator ini berfungsi untuk menjumlahkan
-
Kurang
Operator ini berfungsi untuk mengurangkan
*
Kali
Operator ini berfungsi untuk mengalikan
/
Bagi
Operator ini berfunsi untuk menjumlahkan
^
Pangkat
Operator ini berfungsi untuk memangkatkan


Untuk menggunakan operator ini, kita harus menggunakan tanda “=” diikuti dengan operator diatas.
Baiklah langsung saja saya berikan sedikit contoh untuk penulisan rumus di Excel sekaligus melakukan perhitungan tambah, kurang, bagi, kali, dan pangkat. Contohnya dapat dilihat di gambar berikut ini:
Membuat rumus penjumlahan di Excel: 
Penjumlahan atau Penambahan Dengan Excel Otomatis (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)
Rumus Penjumlahan (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)

Penjelasan singkat untuk rumus diatas adalah, saya menuliskan angka 70 pada cell B4 dan angka 80 di cell B5.

Cell yaitu pertemuan antara baris dan kolom. Kolom dapat dilihat pada contoh gambar penjumlahan diatas huruf A, B, C disebut dengan kolom. Sedangkan 1,2,3 disebut baris. Nilai 70 terdapat di kolom B dengan baris ke 4, disebut cell B4. Nilai 80 ada di kolom B dan pada baris ke 5, disebut cell B5.

Kemudian menuliskan rumus pada cell B6 yang diawali dengan tanda “=” sama dengan kemudian cell yang ingin di jumlahkan, contoh disini saya tuliskan B4 dan B5 karena hanya cell itu yang berisi yang ingin saya jumlahkan setelah itu ketik enter. Dan hasilnya akan didapatkan seperti gambar di bawah ini:

Penambahan Di Excel Dengan Rumus Otomatis (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)
Hasil Penjumlahan (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)

Sekarang coba rubah cell B4 yang ada angka 70 ke 100. Maka angka yang berada pada cell B6 akan berubah menjadi seperti gambar dibawah ini:

Penjumlahan Dan Penambahan Dengan Rumus Excel Otomatis (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)
Hasil Penjumlahan Berubah (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)

Sekarang coba ganti rumus cell B6 atau yang memiliki angka 180 tadi dengan menekan tombol F2 pada keyboard. Kemudian hapus tanda tambah, gantikan dengan tanda kurang (-) atau kali (*) atau bagi (/) atau pangkat (^). Berikut beberapa contoh penulisan rumus operator.

Kurang Atau Pengurangan Di Excel Dengan Rumus Otomatis (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)
Rumus Pengurangan (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)

Kali Atau Perkalian Di Excel Dengan Rumus Otomatis (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)
Rumus Perkalian (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)

Bagi Atau Pembagian Di Excel Dengan Rumus Otomatis (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)
Rumus Pembagian (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)

Pangkat Atau Perpangkatan Di Excel Dengan Rumus Otomatis (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)
Rumus Perpangkatan (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)


Sekian untuk pembahasan mengenai Operasi Matematika di EXCEL dan Penulisan Rumus. Jika ada yang bingung atau kurang paham bisa di tanyakan dikolom komentar. Anda juga dapat berlangganan postingan tutorial di blog ini melalui email dengan menuliskan email pada sidebar kanan paling atas pada blog ini