Friday, December 1, 2017

Cara Install IDE Lazarus




Pada tulisan sebelumnya mengenai Pengenalan Lazarus IDE Alternatif Selain Delphi, dimana pembahasan tentang IDE ini awal rilis, bahasa pemrograman yang digunakan, dan sedikit kelebihannya. Pada tutorial kali ini kita  akan membahas bagaimana Cara Install IDE Lazarus.



Langsung saja akan dijelaskan mengenai langkah menginstall IDE ini, jika membutuhkan langkah-langkah install anda dapat mengikuti langkah yang tertulis pada artikel ini. Umumnya cara installnya sama seperti cara install program seperti biasa, anda hanya perlu mengklik next untuk installnya dan tidak memerlukan pengaturan apapun hingga penginstallan selesai jika anda tidak peduli dimana lokasi penginstallan berada. Jika membutuhkan tutorial untuk penginstallan anda dapat mengikuti langkah-langkah yang ditulis di artikel ini. Tutorial yang disediakan hanya untuk sistem operasi windows. 

1. Download software yang dibutuhkan yaitu IDE, jadi diperlukan koneksi internet. Ukuran file yang  didownload relatif besar. Berikut link untuk  download, sudah langsung disediakan disini atau mengunjungi situs resminya langsung di www.lazarus-ide.org.

Untuk Windows:

2. Setelah berhasil di download, buka program hasil download tadi. Setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar step 1. Pilih bahasa yang akan digunakan, karena tidak tersedia bahasa Indonesia kita pilih bahasa English. Bisa juga gunakan bahasa yang dikuasai selain bahasa English.


Step 1 memilih bahasa

 3. Setelah itu akan tampil lagi, langsung klik next.

Step 2 Klik next

4. Selanjutnya pilih lokasi penginstallan, secara bawaan IDE ini akan langsung diletakkan di local C, tapi bisa digunakan opsi lain bisa di local D, local E, dan seterusnya. Setelah memilih lokasi untuk menginstall, klik tombol next untuk melanjutkan.

Step 3 Pilih Lokasi Install

5. Untuk step 4, silahkan pilih full installation, karena ukuran yang relatif tidak besar jadi kita install saja semuanya.

Step 4 Pilihan komponent untuk diinstall

6.  Pilihan ini bisa diubah, tapi bisa juga kita biarkan seperti ini lalu klik next.
Step 5 Pintasan Untuk Program

7. Step 6 disini pilihannya opsional, jika addition icons diberi centang maka akan dibuat pintasan untuk akses cepat ke IDE. Jika sudah diputuskan, maka klik next.

Step 6 Opsi Shorcut Dekstop

 Jika kita mencentang pilihan "Create a dekstop icon" maka akan dihasilkan gambar seperti dibawah ini di dekstop, agak unik (hahaha).
Icon Lazarus

8. Langkah ini langsung saja klik "Install", untuk menginstall IDE lazarus


Step 7 Install IDE Lazarus

Step 8 Tunggu Proses Selesai

9. Jika proses yang ditunjukan pada Step 8 selesai tinggil klik tombol "Finish".

10. Akhirnya selesai juga installnya, selanjutnya coba buka apakah ada yang error pada software ini. Berikut tampilan IDE ini jika proses instalasi tidak bermasalah (tidak keluar peringatan apa-apa).









Pada tulisan ini menjelaskan tutorial Cara Install IDE Lazarus untuk Windows. Untuk tetap mengikuti blog ini untuk mendapatkan tutorial lainnya ikut dengan Follow By Email pada sidebar kanan paling atas di blog ini. Tutorial selanjutkan kita akan membuat Program Pertama Dengan IDE Lazarus.