Tuesday, December 26, 2017

Menampilkan Kolom Dan Baris Yang Tersembunyi di Excel


Pada tutorial sebelumnya Cara Menyembunyikan Kolom Dan Baris Excel, cara menyembunyikan yang saja lakukan cukup sederhana dan cepat. Setelah disembunyikan nantinya pasti akan ki tampilkan lagi, karena menyembunyikan hanyalah “menghilangkan” sementara kolom atau baris tanpa menghapus data jadi bisa dipastikan kalau data itu tidak akan dihapus karena memang masih dibutuhkan, karena tidak akan dihapus sudah pasti akan dimunculkan kembali.

Anda harus memahami dulu kolom dan baris, jika sudah paham anda bisa lanjut untuk membaca tutorial ini tapi jika anda belum memahami kolom dan baris pada excel saya sarankan untuk membaca postingan Pengenalan Microsoft Excel karena disana saya sudah menjelaskan perbedaan kolom, baris, dan cell.

Tutorial Cara Menyembunyikan Kolom Dan Baris Excel, saya sudah memberikan contoh data sederhana untuk mencoba mempraktekan tutorial tersebut, pada tutorial ini saya juga akan menggunakan data yang ada pada tutorial sebelumnya karena pada tutorial sebelumnya kolom dan baris sudah disembunyikan, jadi sekarang kita hanya tinggal menampilkan kembali.

Data yang saya gunakan pada tutorial ini sebenarnya tidak wajib sama, tapi kalau bisa ada data yang sudah tertulis atau diketik pada excel agar kita bisa secara langsung melihat perubahan yang telah terjadi. Anda bisa mengetikan data milik anda sendiri atau mencoba melihat postingan Cara Menyembunyikan Kolom Dan Baris Excel saya karena disana saya sudah menyediakan data yang sederhana untuk tutorial ini.

Selain melihat dari data kita juga bisa melihat langsung dari kolom ataupun baris yang telah kita sembunyikan, saya juga telah membuat contohnya pada tutorial saya sebelumnya  Cara Menyembunyikan Kolom Dan Baris Excel, secara terurut kolom yang ada yaitu kolom A, B, C, E, F, dan seterusnya, sedangkan pada baris ada baris 1, 2, 3, 4, 5, 6, 8, 9, dan seterusnya.

Pada penjelasan saya diatas jika diperhatikan ada yang hilang dari bagian yang berurutan, kolom D hilang, baris 7 hilang. Itu adalah hasil dari menyembunyikan kolom dan baris yang sudah dilakukan.

Untuk menampilkannya kita bisa menggunakan cara yang mirip dengan itu. Cara menampilkan kolom dan baris yang tersembunyi adalah dengan mengklik kanan pada baris yang sudah disembunyikan, kemudian pilih unhide. Unhide memiliki fungsi yang berkebalikan dari hide.Berikut contoh cara menampilkan data yang sudah disembunyikan.

Cara Menyembunyikan Kolom Dan Baris Di Excel (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)

Cara Menyembunyikan Kolom Dan Baris Di Excel
(https://ozaz-7.blogspot.co.id/)
Perhatikan kolom dan baris yang anda klik karena terkadang kita bisa salah memilih kolom ataupun baris, kesalahan yang terjadi mengakibatkan kolom yang disembunyikan tidak bisa ditampilkan. Ciri jika kolom atau baris yang disembunyikan sudah berhasil dipilih adalah akan ada dua garis pada penunjuk mouse. Berikut contoh kolom yang sudah berhasil dipilih.

Cara Memilih Kolom Dan Baris Yang Benar (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)
Cara Memilih Kolom Dan Baris Yang Benar (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)

Menampilkan Kolom dan Baris Tersembunyidi Excel sedikit lebih sulit jika tidak tahu cara yang benar untuk menampilkannya, karena itu tutorial ini untuk menghindari kesalahan saat memilih kolom dan baris yang akan ditampilkan, jangan sampai hanya karena masalah ini kita dapat masalah. Sekian, semoga bermanfaat.