Saturday, December 23, 2017

Cara Menggabungkan Cell Excel


Cell pada excel adalah gabungan antara kolom dan baris (Baca: Pengenalan Microsoft Excel), setiap cell diisi bisa diisi dengan teks, nomor, mata uang (Baca: Cara Mengubah Angka Di Excel Menjadi Mata Uang).

Terkadang dalam pembuatan data excel kita bisa membuat data dengan satu cell diatas dan beberapa cell dibawahnya, ini bisa mengakibatkan cell diatas menjadi tidak rapi karena ada beberapa cell yang tata letaknya tidak sesuai dengan urutan di cell lainnya. Berikut contoh cell yang tidak rapi antara satu cell dengan cell lainnya.

 
Cell Yang Belum Di Gabung (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)
Cell Yang Belum Di Gabung (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)


Data diatas sudah saya gunakan pada postingan saya tentang RumusFungsi Penjumlahan Otomatis Pada Excel dan postingan sebelumnya Cara Mencari Nilai Rata-Rata Di Excel. Bagi yang belum memiliki datanya bisa di unduh disini. Setelah diunduh bisa dilihat pada Penjumlahan dengan tambah dan kolom Nilai terdapat cell E2, E3, F2, F3 yang kosong, padahal cell dibawahnya berisi nilai jika kita lihat cell yang diatas menjadi tidak rapi kerena ada ruang kosong.

Agar terlihat rapi kita bisa menggabungkan cell untuk menutup ruang kosong tersebut, setelah digabung nantinya garis dari border akan menghilang dan digantikan dengan teks yang akan digabungkan. Untuk Cara membuat border bisa melihat postingan saya Membuat Tampilan Tabel Di Excel sedangkan untuk menghapusnya bisa melihat postingan saya Cara Menghapus Border Di Excel.

Cara menggabungkan cell pertama pilih cell awal yang ingin digabungkan, cell awal ini harus yang berisi teks, nomor, mata uang, atau nilai lainnya, setelah itu kita pilih cell kosong yang ingin digabungkan dengan cell awal tadi. Caranya sama seperti memiih cell biasa.

Setelah berhasil memilih cell, pergi ke tab home kemudian ke group alignment, pilih atau klik Merge & Center. Merge & Center ini berfungsi untuk menggabungkan cell dan meletakkan nilainya (nilai awal) ke bagian tengah dari penggabungan cell. Berikut contoh penggabungan cell.

Cara Menggabungkan Cell Excel (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)
Contoh Menggabungkan Cell (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)

Pada contoh diatas saya akan menggabungkan cell B2 sampai dengan cell F2, pertama saya memilih cell awal yang akan digabungkan dalam contoh adalah cell B2 yaitu cell yang memiliki nilai, sisa cell yang akan digabungkan tidak boleh memiliki nilai atau harus kosong. Apabila kita menggabungkan cell awal yang berisi nilai dan cell selanjutnya juga berisi nilai maka akan muncul error seperti gambar berikut ini

Kesalahan Saat Menggabungkan Cell (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)
Kesalahan Menggabungkan Cell (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)

Terakhir perlu diperhatikan jangan sampai salah memilih cell, apabila cell yang kita pilih ternyata adalah cell kosong dan cell selanjutnya juga adalah kosong yang akan terjadi pada hasil penggabungan cell adalah cell kosong. Berikut hasil ketika saya memilih cell C2 hingga F2.

Salah Memilih Cell Saat Menggabungkan Cell (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)
Kesalahan Penggabungan Cell (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)

Pada gambar diatas dapat dilihat hasil dari penggabungan cell adalah kosong, cell yang berisi teks “Penjumlahan dengan tambah” akan hilang karena cell yang memiliki nilai awal adalah cell B2 sedangkan yang kita pilih adalah cell C2 hingga F2, jadi cell B2 tidak termasuk dalam penggabungan. Untuk cara penggabungan cell syaratnya adalah nilai awal harus berisi nilai teks, nomor, mata uang, atau yang lainnya kemudian cell lainnya harus kosong, karena cell awal tidak memiliki nilai atau isinya adalah kosong hasil dari penggabungan adalah cell kosong.

Penggabungan cell berguna untuk merapikan tampilan di excel pada lembar kerja yang akan dicetak, tapi terkadang kita bisa salah memilih cell yang ingin digabungkan, cell nilai awal yang kita pilih ternyata bernilai kosong, kemudian kita memilih cell selanjutnya adalah kosong hasil dari penggabungan adalah cell kosong.

Semoga tutorial excel Cara MenggabungkanCell Excel ini dapat bermanfaat anda bisa mempratekkan tutorial ini dengan mengunduh datanya yang sudah saya sediakan diatas.