Tuesday, December 19, 2017

Mengubah Teks Dan Nilai Pada Komponen Label IDE Lazarus



mengubah label IDE Lazarus dan Delphi
Tutorial Mengubah Label


Tlabel atau komponen label adalah salah satu komponen dasar yang digunakan pada form. Tujuan komponen ini untuk memperjelas komponen yang lain dengan kita berikan nama terlebih dahulu kepada label sesuai tujuan penjelasan kepada komponen lain.

Komponen ini mirip seperti keterangan pada sebuah formulir pendaftaran atau yang semacamnya. Pada formulir biasanya akan ada keterangan untuk pengisian seperti nama, tempat tanggal lahir, alamat dan seterusnya, disebelah kanannya biasanya akan disediakan kolom atau tempat kosong untuk mengisi data yang sesuai sudah disesuaikan untuk kebutuhan tadi seperti nama dan alamat.

Jadi label ditujukan untuk memperjelas pengisian form atau tujuan yang serupa. Penulisan label haruslah jelas, usahakan jangan menyingkat nama label dengan singkatan yang kurang jelas dan jarang digunakan seperti “nama” disingkat dengan “nm”, kalau penyingkatan yang sudah sering digunakan secara umum dan maksudnya jelas tidak terlalu masalah meski ingin disingkat, contohnya seperti “tempat tanggal lahir” bisa disingkat “TTL” ini karena penyinkatan seperti ini sudah jelas dan umum digunakan.

Cara menggunakan komponen label adalah dengan mengklik tab komponen Standard kemudian pilih label lalu klik di form, mengklik di form bebas bisa dimana saja. Setelah dilakukan seharusnya akan muncul komponen label yang masih berisi teks standarnya yaitu Label1. Berikut contoh untuk meletakan komponen label ke from. Berikut cara meletakan komponen label ke form.


Meletakkan komponen label ke form untuk digunakan sebagai penjelesan kepada komponen lain
Menggunakan Komponen Label


Seperti penjelasan diatas, komponen label harus jelas tujuannya untuk memperjelas komponen lain seperti komponen edit dan lainnya, jadi kita harus mengubah nama bawaan dari komponen label ini sesuai dengan tujuannya.

Cara mengubahnya adalah dengan mengubah caption pada properties, cara mengubahnya dengan memilih komponen label tadi lalu ke properties cari properties untuk caption kemudian ubah  caption sesuai kebutuhan, disini kita coba mengubahnya menjadi nama. Setelah mengubahnya menjadi nama otomatis label yang ada di form teks-nya akan berubah mengikuti isian caption, setelah namanya berubah klik di form agar label tidak lagi dipilih. Berikut cara mengubah caption atau teks label.


Cara merubah caption label pada form
Ubah Teks Label


Caption berguna untuk mengubah teks pada label, yang dirubahnya hanyalah teks dari yang kita lihat bukan nilai yang akan kita gunakan untuk penggunaanya.  Untuk penggunaannya kita harus mengubah namanya bukan teksnya atau captionnya.

Untuk mengubah nama dengan kita pilih dahulu komponen label tadi kemudian ke properties cari properties name dan ubah name-nya. Secara umum nama yang sering digunakan dimulai dengan “txt”, ini bertujuan untuk membedakannya dengan komponen lain seperti button dan yang lainnya, setelah “txt” tadi bisa lansung disambung dengan penamaannya, misalnya saya ingin menamakannya menjadi nama, berarti properties name tadi akan saya ubah menjadi “txtnama”.


Ubah Name Label
Ubah Name Label

Kita juga bisa menggunakan istilah lain selain txt, misalnya langsung tulisakan saja nama tanpa perlu menggunakan txt. Penulisan seperti ini lebih singkat tapi tidak disarankan karena akan mempersulit kita nantinya.

Itulah tutorial mengubah teks dan nama pada komponen label beserta penjelasan tujuan komponen ini. Praktek ini juga bisa dilakukan pada delphi malahan sama persis langkah-langkahnya, hanya harus mengikuti langkah ini dengan benar agar aplikasi nantinya bisa berjalan dengan baik.

Sekian artikel singkat saya tentang mengubah teks dan nilai label.