Wednesday, December 20, 2017

Cara Menggunakan Komponen Edit IDE Lazarus

Setelah sebelumnya tutorial cara Mengubah Teks Dan Nilai Pada Komponen Label IDE Lazarus, selanjutnya akan saya bahas sedikit tentang tedit atau edit. Sama seperti label, komponen edit ini memiliki tujuan juga yaitu untuk memasukan data, data yang dimaksud bisa angka, nomor, simbol, ataupun yang lainnya yang dapat diketikan dan didukung oleh komponen edit.

Untuk menggunakan komponen edit, kita pilih dahulu komponennya yang berada pada tab standar pallete, klik Tedit lalu klik dimana pada form, komponen edit akan  muncul. Secara bawaan komponen edit ini akan bernama “Edit1”, jika ingin menambah lagi maka namanya akan menjadi “Edit2”, angka pada komponen edit mengakumulasikan setiap penambahan pada komponen edit setiap ada penambahan komponen edit maka akan ditambah 1.

 Cara menggunakan komponen edit ke form IDE Lazarus
Menggunakan Komponen Edit

Komponen edit ini dapat diubah teks dan nilainya. Untuk mengubah teks kita harus memilih komponen edit yang ingin diubah dengan mengklik satu kali, pergi ke Properties cari properties “Text” kemudian ubah isinya, setiap perubahan yang kita lakukan akan langsung berdampak pada komponen edit.  Kosongkan saja dengan menghapus semua teks yang ada pada properties “Text” hingga menjadi kosong.

Cara menghapus teks yang ada di komponen edit IDE Lazarus
Hapus Teks Edit
  
Untuk merubah nilai pada komponen edit mirip seperti mengubah teks tadi, klik dahulu komponennya kemudian pergi ke properties yang ada disamping kiri form, cari properies “Name”, ubah properties “Name”, biasanya perubahan nama akan diawali dengan “ed” untuk menyatakan bahwa itu adalah komponen edit. Disini saya menggunakan properties “name”  sebagai“ednama” itu karena komponen label yang ada disebelahnya berisi teks “Nama” dan tujuannya adalah untuk menginput nama, jadi tedit atau edit  ini yang satu ini berfungsi untuk menampung nilai sementara dari data yang akan dimasukan oleh pengguna dengan data yang akan ditampung berupa nama.

Mengubah nama pada komponen edit IDE Lazarus
Ubah Name Pada Edit


Tutorial ini juga dapat di praktekkan di delphi, karena kebanyakan komponen delphi dan lazarus sama jadi hampir tidak ada perbedaan besar antara keduanya. Sekain tutorial cara menggunakan komponen tedit atau edit pada IDE Lazarus. Semoga tutorial ini dapat bermanfaat.