Wednesday, December 20, 2017

Mencari Nilai Rata-Rata Dengan Rumus Excel



Pada artikel sebelumnya yaitu tutorial rumus fungsi penjumlahan otomatis di excel kita telah mengetahui bagaimana cara menjumlahkan data atau nilai secara otomatis, tutorial selanjutnya yaitu cara mencari nilai rata-rata menggunakan rumus excel.

Sama seperti rumus sebelumnya pada rumus fungsi untuk mencari nilai rata-rata ini membutuhkan nilai awal dan nilai akhir. Nilai awal adalah nilai pertama yang dipilih sedangkan nilai akhir adalah nilai terakhir yang dipilih yang kemudian akan di proses menjadi nilai rata-rata.

Penulisan untuk rumus fungsi yaitu “=AVERAGE(nilaiawal:nilaiakhir)”, penulisan rumus fungsi selalu diawali dengan tanda sama dengan “=”, diikuti dengan rumus fungsinya yang kita gunakan disini adalah “AVERAGE” kemudian buka kurung dan tutup kurung, terakhir kita pilih nilai yang ingin dicari rata-ratanya.

Untuk penggunaan rumus fungsi tidak masalah terbalik atau tidak itu tidak akan berpengaruh terhadap hasilnya. Yang saya maksud jika nilai awal dan nilai akhir itu dibalik tidak masalah, kita mulai dari terakhir ke awal hasilnya tetap benar.

Berikut contoh penulisan rumus fungsi untuk mencari nilai rata-rata pada excel:

Rumus Rata-rata di Microsoft Excel (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)
Menggunakan Rumus Rata-rata Excel (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)

Dapat dilihat pada contoh diatas, saya menuliskan rumus fungsi excel dimulai dengan tanda sama dengan “=”, kemudian menuliskan kata “AVERAGE” untuk mencari nilai rata-rata dan memasukan nilai yang akan dicari rata-ratanya ke dalam tanda kurung. Terakhir saya memilih nilai awal cell F5 sampai dengan cell D5 (nilai akhir) kemudian tekan tombol enter atau tombol tab. Dapat dilihat saya memilihnya dari yang paling dekat dari rumus, anda juga bisa menggunakan menggunakan nilai awal cell D5 dulu baru kemudian nilai akhirnya cell F5, sama seperti penjelasan saya diatas itu tidak akan menjadi masalah.

Setelah itu kita dapatkan nilai hasil pencarian rata-rata dengan rumus excel.
Sekian tutorial cara mencari nilai rata-rata menggunakan rumus fungsi di excel. Semoga tutorial ini bisa bermanfaat.