Sunday, December 17, 2017

Rumus Fungsi Penjumlahan Otomatis di Excel

Microsoft Excel (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)
Microsoft Excel (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)

Setelah sebelumnya kita melakukan perkenalan dengan microsoft excel kita sudah mengetahui hal-hal dasar yang harus diketahui untuk menggunakan microsoft excel.

Hal dasar yang saya sampaikan cukup penting jika ingin mengikuti atau mempraktekan tutorial yang ada disini, jadi sangat disarankan untuk membaca terlebih dahulu postingan saya sebelumnya.

Pada tutorial saya sebelumnya yaitu Rumus Tambah, Kurang, Kali, Bagi,Pangkat dan Penulisan Rumus Pada Excel saya telah menjelaskan bagaimana cara menggunakan rumus dan melakukan operasi penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan perpangkatan dengan rumus excel.

Tutorial tersebut berguna untuk melakukan penambahan cepat tanpa kita harus menggunakan kalkulator untuk melakukan perhitungan matematika. Dengan excel ini kita juga dapat meminimalisir kesalahan perhitungan.

Kesalahan yang terjadi cukup beragam dari salah pada ketelitian, penulisan.
Misalnya seorang guru memberikan latihan dan memberikan nilai, setiap nilai yang sudah diberikan maka guru tersebut akan mencatatnya ke catatan nilai siswa/i, setelah latihan yang minimalnya sudah tercapai (misalnya 8x latihan setiap satu semester) guru akan menghitung jumlah perolehan nilai latihan setiap siswa/i.

Jumlah setiap kelas sekitar 30 murid, kelas yang diajarkan adalah 3 kelas, coba kita hitung 30 x 3 = 90. Itu artinya guru harus menjumlahkan seluruh nilai murid satu-satu dengan jumlah 90 murid.

Guru tersebut menggunakan kalkulator untuk menjumlahkan seluruh nilai latihan murid-muridnya, setiap menjumlahkan guru akan melihat ke catatan nilai latihan siswa sampai 8x.

Setiap menjumlahkan guru harus mengetikan angka yang akan dihitung ke kalkulator, nah pada saat mengetikan angka inilah ada kemungkinan kesalahan terjadi karena kita harus fokus dalam melihat nilai yang ingin dijumlahkan.

Ada kemungkinan terjadi kesalahan dalam penghitungan nilai-niai murid. Waktu yang dibutuhkan juga relatif lama.

Tujuan dari penggunaan excel intinya untuk mempercepat, mempermudah dan mengurangi kesalahan. Siapa yang tidak mau kemudahan dan cepat dalam mengerjakan tugas atau pekerjaan?

Mari kita coba praktekkan rumus penjumlahan di excel. Sebelumnya bisa didownload dahulu data yang sudah saya buat untuk praktek atau bisa anda ketik sendiri sesuai kebutuhan.


Download Contoh Sheet Excel Untuk Praktek Rumus Penjumlahan


Bagi yang sudah membaca artikel saya sebelumnya Rumus Tambah, Kurang, Kali, Bagi, Pangkat dan Penulisan Rumus Pada Excel mungkin ada yang bertanya, pada tutorial tersebut sudah ada rumus penambahan yang digunakan jadi kenapa membahas penambahan lagi?

Pada tutorial ini mungkin akan dapat sedikit memahami (banyak bagus lagi) mengapa penambahan biasa kurang maksimal jika menjumlahkan banyak cell sekaligus. Dalam praktek ini penjumlahan langsung dapat dilakukan dengan rumus pada cell yang dipilih. Karena pada tutorial sebelumnya kita hanya melakukan penambahan pada setiap cell maka penggunaan rumus akan mempercepat pencarian hasilnya.

Bisakah operator tambah pada tutorial sebelumnya itu digunakan untuk menjumlahkan banyak nilai yang ada di cell?
Jawabannya bisa, tapi akan sedikit merepotkan ketika nilai yang akan dijumlahkan sangat banyak.

Coba perhatikan gambar dibawah ini.

Rumus Penjumlahan Excel Dengan Tambah (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)
Rumus Penambahan Pada Excel (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)

Gambar diatas adalah penjumlahan dengan melakukan penambahan satu persatu cell. Tidak ada yang salah dengan cara ini, tapi bagaimana jika data yang ingin dijumlahkan cukup banyak. Berati kita harus memilih setiap cell satu persatu kemudian menambahkannya dengan cell selanjutnya. Cara ini kurang efektif untuk menjumlahkan banyak nilai sekaligus.

Ada cara sederhana dan cepat yaitu menggunakan rumus fungsi excel yaitu SUM. SUM ini berguna untuk menjumlahkan data awal cell hingga data akhir cell.

Berikut format penulisan yang benar untuk penulisan rumus penjumlahan pada excel:

“=SUM(cellawal:cellakhir)”

Keterangan:
= , menandakan awal rumus
SUM, rumus fungsi yang akan digunakan
(), didalam tanda ini akan berisi cell yang akan di proses.
cellakhir, adalah argument awal yang akan di proses.
: , adalah pembatas antara awal dan akhir
cellakhir, adalah argument terakhir yang akan di proses.


Perhatikan bahwa setiap penulisan rumus harus diawali dengan tanda sama dengan (=) kemudian diikuti dengan fungsi yang digunakan, fungsi pada tutorial ini adalah SUM.

Bagaimana jika tanda sama dengan tidak digunakan?

Kita tidak akan bisa memilih cell yang ingin dijumlahkan, akibatnya kita tidak bisa menggunakan fungsi SUM tadi.

Setelah tanda sama dengan ditulis dilanjutkan dengan rumus fungsi yaitu SUM, diikuti dengan tanda kurung buka, diisi nilai cell awal dan diakhiri dengan cell akhir, kemudian ditutup dengan tanda kurung.

Berikut contoh penulisan untuk rumus fungsi SUM:

Rumus Penjumlahan Excel Otomatis (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)
Penjumlahan Dengan Rumus Excel (https://ozaz-7.blogspot.co.id/)

Pada gambar diatas, kita memilih cell yang akan dituliskan rumus fungsi SUM, pada contoh disini yaitu cell T15, ketik tanda sama dengan (=) diikuti dengan kata SUM kemudian tanda kurung buka lalu argument awal kita pilih cell awal yang akan digunakan untuk di proses pada rumus disini cell yang saya pilih adalah D15, lanjutkan ketik tanda titik dua “ : “, tanda “ : “ adalah pembatas antara cell awal dan akhir setelahnya kita perlu memilih argument kedua yaitu cell terakhir yang akan di proses disini saya menggunakan cell S15 terakhir tutup dengan tanda kurung tutup “ ) “ tekan tombol enter atau tab pada keyboard. Hasilnya yaitu penjumlahan seluruh cell dari D15 sampai S15.

Yakin hasilnya benar? 
Bisa dicoba untuk menjumlahkan satu persatu cell maka hasil yang akan didapatkan adalah sama dengan rumus ini. Menurut anda lebih bagus menggunakan operator tambah di tutorial sebelumnya atau menggunakan rumus fungsi SUM?

Rumus fungsi SUM ini sangat berguna untuk penjumlahan dengan banyak cell sekaligus, dengan rumus ini kita akan lebih cepat, mudah untuk melakukan penjumlahan pada banyak cell atau nilai, selain itu kesalahan memilih cell tidak akan terjadi jika menggunakan rumus ini.